Jumat, 21 Oktober 2016

TUGAS 2

1) Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris (Business),dari kata dasar busy yang berarti 'sibuk' dalam konteks individu,komunitas, ataupun masyarakat. Bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan dan pembelian barang dan jasa (a series of activities related to the sale or purchase of goods and services that are consistently repeated). Dalam pengertian lain bisnis juga dapat dikatakan sebagai suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba.

Karakteristik dalam sistem bisnis terdiri dari :
·       2)  a) KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industri masing-masing industri yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan,volume bisnis,struktur modal,dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manajemen yang diterapkan. Contohnya : pembuatan perkakas elektrik,dan produk-produk elektronik.
·           b)  SALING KETERGANTUNGAN
Yaitu masing-masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. Hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain.
·           c) PERUBAHAN DAN INOVASI
Yaitu perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelanggannya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuanuntuk memberikan kepuasan bagi konsumen, karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapat yang tepat, trend atau model  yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
3) Menurut pendapat saya peran bisnis di masyarakat sekarang sangatlah penting dalam perkembangan perekonomian masyarakat. Pada saat ini banyak diantara kita yang memilih bisnis untuk mendapatkan pendapatan lebih,seperti hal nya para mahasiswa  yang ingin melakukan bisnis untuk menambah uang jajan.Biasanya bisnis yang dilakukan mahasiswa dengan berjualan pulsa,makanan,pakaian dan lain-lain.  Namun tidak sedikit pula masyarakat kita yang melakukan bisnis sebagai mata pencaharian utama.
4) Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe sehingga bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
Seperti :
1.      Manufaktur
Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen ,kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan . Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
2.      Bisnis Jasa
Bisnis Jasa adalah bisnis yang mengasilkan barang intangible dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan . Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan Psikolog.



Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar