- . A) Marketing mix merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsure program pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar strategi pemasaran yang ditetapkan dapat berjalan sukses.
B) Marketing mix pada produk barang yang kita kenal selama ini berbeda
dengan produk jasa. Marketing mix pada produk jasa mencakup 4P (Product, Price,
Place, Promotion). Sedangkan untuk jasa keempat hal tersebut dirasa masih
kurang mencukupi. Untuk produk jasa ditambah lagi 3 unsur yaitu People,
Process, Physical Environment. Semua unsure-unsur ini saling mempengaruhi satu
sama lain sehingga bila salah satu tidak tepat pengorganisasiannya akan
mempengaruhi strategi pemasaran secara keseluruhan.
B) 7 P ,yaiitu :
1. Product
Merupakan bentuk penawaran yang
ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan
pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun
tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi
kebutuhan dan keinginan tertentu.
Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan,
diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan.
Pengembangan suatu produk harus didasari oleh pertimbangan adanya pembagian
produk sebagai berikut :
a. Produk Inti (Core Product).
Dalam hal ini harus diketahui apa
sebenarnya yang dibutuhkan konsumen. Setiap produk tentu punya manfaat dan
cirri-ciri tertentu. Penjual harus dapat menjual manfaat tersebut.
b. Produk Berwujud (Tangible Product).
Perusahaan harus berusaha merubah produk
inti menjadi produk berwujud.
c. Produk Tambahan (Argumented Product)
Perusahaan harus dapat menawarkan
manfaat dan pelayanan tambahan.
2. Price
Harga menggambarkan besarnya rupiah yang
harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan
hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.
Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti
tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi
harga diantara berbagai kelompok pelanggan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga :
a. Harga produk sejenis atau produk
pengganti dari para pesaing.
b. Kemampuan membeli dari masyarakat.
c. Jangka waktu perputaran dana.
d. Peraturan pemerintah.
3. Place
Merupakan keputusan distribusi
menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana
produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan
konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
Saluran distribusi yang dapat dipilih :
a. Penjual langsung
b. Agen
c. Waralaba
4. Promotion
Bauran promosi meliputi berbagai metode,
yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat.
Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual
produk ke konsumen.
5. People
Jenis kualitas orang yang akan terlibat
dalam pemberian jasa. Untuk mencapai kualitas terbaik maka pegawai harus
dilatih untuk menyadari pentingnya pekerjaan mereka, yaitu memberikan konsumen
kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya.
Dalam hal ini dibagi menjadi 2 aspek:
Service personal: orang-orang yang
melakukan produksi dan operasional dalam organisasi jasa
Customer (hubungan diantara pelanggan)à
persepsi pelanggan mengenai kualitas jasa tersebut dibentuk dan dipengaruhi
oleh pelanggan lainnya.
6. Process
Elemen ini merupakan suatu usaha
perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan aktivitasnya dalam memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumennya.
7. Physical Environmet
Unsur-unsur yang termasuk dalam phsyical
evidence adalah lingkungan fisik dan fasilitas-fasilitas lainnyayang menunjang
untuk menyediakan jasa tersebut yang dapat mempengaruhi penilaian pelanggan
terhadap barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.
C) menurut saya, marketing mix itu untuk semua barang, karena marketing mix
ini digunakan oleh sebuah perusahaan untuk yang namanya promosi atau
mengenalkan produk kepada konsumen dan perusahaan dapat mendapatkan pencapaian
yang di inginkan.
2. Orientasi pasar merupakan salah satu bagian dari pemasaran. Menurut Kotler
(1980) pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat
individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat
penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
Dalam orientasi pasar perlu pengetahuan mengenai jenis pasar yang akan
dimasuki, termasuk di dalam karakteristiknya. Dengan demikian dapat diketahui
arah yang jelas mengenai orientasi pasar dari produk yang dihasilkan. Adapun
orientasi pasar yang dimaksud untuk produk industri kerajinan logam adalah
pasar dalam negeri/domestik dan pasar ekspor atau luar negeri.
Perusahaan yang mampu bertahan dan berkembang adalah perusahaan yang
mengacu kepada strategi orientas pasar. Orientasi pasar merupakan suatu
keharusan, jadikanlah orientasi pasar sebagai budaya pada perusahaan. Hal ini
akan mengakibatkan terciptanya : kinerja bisnis yang tinggi, nilai pelanggan
yang superior, profitabilitas jangka panjang dan keunggulan daya saing
perusahaan.
Contoh dari
perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah carrefour.
Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang adalah mencapai
kesuksesaan yang bahkan dapat membuat perusahaan lebih unggul dari perusahaan
lain, mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat.
3. A) Harga adalah suatu
nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain
untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau
kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan
mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi
atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Barang adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan
perhatian, pembelian, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan
atau kebutuhan
B) Pendapat saya mengapa masalah harga dapat memberikan dorongan
bagi produsen untuk membuat barang, dan pengaruh harga bagi konsumen dalam
melakukan pembelian adalah dengan diketahuinya faktor harga mempunyai pengaruh
yang dominan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian barang, maka hal ini
mencerminkan bahwa faktor harga merupakan faktor yang sangat menentukan dalam
pembelian suatu barang. Bertitik tolak dari dari hasil tersebut, pengusaha
hendaknya dalam menaikkan harga, harus sangat dipertimbangkan akibatnya, karena
adanya persaingan ketat antara pengusaha- pengusaha yang lain. masalah
harga dapat memberikan dorongan bagi produsen karena produsen memiliki prinsip
ekonomi yaitu dengan cara menekan biaya produksi untuk menghasilkan barang
produksi sesuai yang diharapkan.
Contoh tindakan
produsen yang berdasarkan prinsip ekonomi, diantaranya ;
1. Menggunakan bahan mentah berkualitas tinggi dengan harga murah
2. Menetukan lokasi pabrik yang dekat dengan bahan baku
3. Memilih dan menetapkan barang yang akan
diproduksi
4. Menetapkan jumlah tenaga kerja dan alat-alat produksi agar biaya produksi
dapat ditekan serendah-rendahnya
5. Membuat analisis kebutuhan pasar agar barang
yang diproduksi dapat laku terjual
6. Produsen selalu mengusahakan agar hasil produksinya dibeli konsumen dengan
harga terjangkau dengan mutu yang baik dan mampu bersaing
7. Memperoleh keuntungan sebesar-besarnya
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar