Sabtu, 08 April 2017

TUGAS 3

1.Menurunkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita



Pertumbuhan tenaga kerja yang kurang diimbangi dengan pertumbuhan lapangan kerja akan menyebabkan tingkat kesempatan kerja cenderung menurun. Dengan demikian jumlah penduduk yang bekerja tidak selalu menggambarkan jumlah kesempatan kerja yang ada.
Orang yang tidak bekerja (menganggur) tidak akan menghasilkan barang dan jasa. Itu berarti semakin banyak orang yang menganggur maka PDB (Produk Domestik Bruto) yang di hasilkan akan menurun. PDB yang menurun akan menyebabkan turunnya pertumbuhan ekonomi sekaligus turunnya pendapadan per-kapita. Jika pendapan per-kapita turun maka tingkat kesejahteraan masyarakat juga ikut turun.
2.Indonesia menggunakan indikator absolut
Alasannya, kerena keterbatasan atau kecukupan mutu pangan rendah, keterbatasannya akses serta rendahnya mutu layanan kesehatan, keterbatasan akses dan rendahnya mutu layanan pendidikan, keterbatasan akses terhadap air bersih, lemahnya kepastian kepemilikan dan penguasaan tanah, memburuknya kondisi lingkungan hidup dan sumber daya alam, lemahnya jaminan rasa aman, lemahnya pertisipasi, dan besarnya beban kependudukan yang disebabkan oleh besarnya tanggungan keluarga dan adanya tekanan hidup yang mendorong terjadinya migrasi.
3.Penyebab kemiskinan antara lain :
  • penyebab individual, atau patalogis, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dariperilaku, pilihan, atau kemampuan dari si miskin.
  • penyebab keluarga, yang menghubungkan kemiskinan dengan pendidikan keluarga. Penyebab keluarga juga dapat berupa jumlah anggota keluarga yang tidak sebanding dengan pemasukan keuangan keluarga.
  • penyebab sub-budaya, yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari, dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar. Individu atau keluarga yang mudah tergoda dengan keadaan tetangga.
  • penyebab agensi, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain, termasuk perang, pemerintah, dan ekonomi.
  • penyebab struktural, yang memberikan alasan bahwa kemiskinan merupakan hasil dari struktur sosial.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar