Jumat, 21 April 2017


TUGAS  4
1)    Kelebihan dan kekurangaan masing-masing sektor pertanian, industri,dan jasa

- PERTANIAN

Kelebihan : memiliki elastisitas permintaan yang rendah, artinya harga dapat berubah berapapun orang akan tetap membeli produk itu.
Kekurangan : produksinya konstan, sangat sulit ditingkatkan dan memiliki investasi yang mahal.

- JASA
Kelebihan : dapat meraih keutungan tinggi dengan frekuensi ativitas yang lebih sering.
Kekurangan : pada pasar persaingan sempurna, tiap orang akan berkompetisi untuk menurunkan harga serendah mungkin, hal ini karena elastisitas perintaan yang tinggi atau saat harga berubah sedikit maka permintaan akan berubah drastis.

-INDUSTRI

Kelebihan : merupakan salah satu penopang perekonomian indonesia karena skalanya yang sangat besar, mengurangi pengangguran, transfer teknologi.
Kekurangan : investasi yang tinggi, dan sangat sensitif terhadap kondisi makro seperti deflasi.
2)    Hubungan antara pembangunan dengan perubahan struktur ekonomi

Dalam pembangunan akan terjadi perubahan struktur ekonomi di suatu negara. Yang dimaksud dengan struktur ekonomi adalah pembagian dua bidang ekonomi. Pertama, ada yang membaginya berdasarkan tiga sektor bidang yang berbeda yaitu sektor pertanian, sektor industri, sektor jasa. Bidang kedua berdaarkan sektor yang utama sampai dengan setor pelengkap yaitu sektor primer yang terdiri atas bidang pengangkutan dan perhubungan, pemerintah, perdagangan, dan jasa-jasa perorangan.
Teori perubahan struktural menitikberatkan pembahasan pada mekanisme transformasi ekonomi yang dialami oleh negara berkembang, yang semula lebih bersifat subsisten dan menitikberatkan pada sektor pertanian menuju ke struktur perekonomian yang lebih modern dan didominasi oleh sektor-sektor non-primer.
Jadi, menurut pendapat saya tidak karena jika suatu negara tidak mengubah struktur ekonominya maka tidak akan bisa melakukan pembangunan untuk itu perlu adanya perubahan struktur ekonomi agar pembangunan berjalan dengan lancar.
3)    Pembangunan yang hanya mengejar pertumbuhan tanpa menghiraukan kelestarian lingkungan

Menurut pendapat saya seharusnya tidak boleh hanya melakukan pembangunan untuk mengejar pertumbuhan dengan tidak menghiraukan kelestarian lingkungan. Manusia tidak saja mengimbangi hak dan kewajiban dalam memanfaatkan SDA, tetapi juga harus menjaga kelestarian serta kelangsungan dari lingkungan alam tersebut. Manusia juga harus membatasi tingkah laku mereka dalam memanfaatkan lingkungan alam agar lingkungan alam tetap berada dalam batas kepentingan lingkungan hidup manusia. Contohnya seperti di hutan tropis kalimantan adalah salah satu paru-paru indonesia dan dunia pada umumnya, tapi hal tersebut berubah ketika lahan gambut terbakar dan seketika paru-paru indonesia tersebut menjadi penyumbang polusi terbesar dan penyebab efek rumah kaca bagi dunia.


Sumber :          -https://ekonominisa.blogspot.co.id/2015/04/v-behaviorurldefaultvmlo.html
-http://m.kompasiana.com/danijonesbern/antara-pertumbuhan-ekonomi-atau-       kerusakan-lingkungan_550d34aca33311d81a2e3ac5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar